Category Archives: Uncategorized

Buku dan Ajang Pencarian Bakat

Beberapa hari yang lalu saya akhirnya selesai juga membaca buku tentang pengalaman rekan-rekan, warga Indonesia yang merasakan pengalaman berbeda terhadap isu juga konsentrasi sekolah tanpa kekerasan di luar Indonesia. 

Kisah mereka memberikan pandangan baru serta pijakan awal untuk tidak lagi menganggap remeh terhadap kata-kata yang dirasa biasa, tapi bisa berwujud kekerasan dalam bentuk perkataan. 

Beberapa hari belakangan saya pun suka menonton ajang pencarian bakat yang audisi-nya saja dilakukan di gedung teater yang megah, pencahayaan yang matang. 

Entah mengapa, saya merasa ada atmosfer yang berbeda, saya seperti melihat contoh bagaimana mereka bisa dengan begitu antusias memberikan dukungan walaupun dari penampilan sederhana peserta ajang tersebut. Saya pun bisa merasakan bagaimana sikap menghargai orang lain dengan baik bahkan disaat peserta audisi belum memenuhi standar kompetisi tersebut.

Pelajaran baik untuk kita berbenah menjadi pribadi yang lebih berkualitas dari hal-hal kecil dalam interaksi keseharian kita 

Diskusi

Sesuatu yang menarik terjadi kemarin. Tak ada alasan yang spesifik. Namun, pertemuan-pertemuan itu terjadi, seolah dengan satu topik diskusi induk.

Sebagai seseorang yang jarang bepergian keluar kota untuk agenda seperti workshop, kemarin adalah langkah saya untuk tahu lebih banyak mengenai agenda 2 tahunan tersebut melalui Ade angkat saya yang 2 tahun lalu telah merasakan bagaimana kondisi pertemuan akbar ini. Terus terang ini menjadi langkah pertama saya untuk menyiapkan mental, untuk nantinya bisa menerima secara penuh apa yang akan terjadi disana, dan tentu itu masih ibarat misteri bagi saya.
Read the rest of this entry

Bener-bener deh ya, ini lo udah 2016. Masa di tempat beraktivitas tadi siang, banyak Bapak-Bapak dan genre laki-laki lainnya lempeng aja gak jumatan.
Mau berpikir kalau bisa jadi mereka bukan muslim, tapi kok Ibu-Ibu atau genre perempuan yang dibawa banyak yang pake jilbab.

Ini lho udah 2016, aku bisa saja mendefinisikan kata “cukup” dengan banyak variabel, tapi kok mereka anti malahan….

Awal tahun udah dapat bahan buat #refleksi pribadi ajah, Alhamdulillah. Walau niey badan balik lagi berasa remuk plus nyeri-nya, mari melanjutkan tepar 😊 😴😴😴 – at Rumah Penuh Kenangan

View on Path

Rejeki di awal tahun 2016.
Sepiring nasi dengan potongan rempeyek dan ikan sarden. Namun, nikmatnya tubuh masih bisa merasakan udara subuh ketika diri terjaga disaat adzan subuh menggema menyambut langit yang mulai menampakkan gradasinya, walaupun ya napas sesak karena alergi udara dinginnya kumat 😅 #semangart – at Rumah Penuh Kenangan

View on Path

31 Desember 2015. Banyak dari kita hari ini sepertinya bersiap untuk ikut merayakan malam pergantian tahun dari 2015 menuju 2016.
Namun, banyak kah dari kita yang tahu akan sebuah isu global yang bergulir mulai hari ini?
Berdasarkan beberapa informasi yang telah saya baca dari media yang kredibel, “Masyarakat Ekonomi ASEAN” berlaku mulai hari ini. Pasar ASEAN diciptakan bersatu agar bisa bersaing dengan besarnya pasar di Tiongkok.
Siapkah kita berkompetisi bersama 600 juta warga ASEAN lainnya? Lintas negara, bahasa, bahkan budaya.
Silakan buka tautan ini https://aecnitiv.com/aec2015/ agar kita bisa makin siap berkompetisi 😁 at Samarinda

View on Path

Gaes, roman-romannya mau ada #kelasakber spesial nih. Kelas “Business, a never ending journey” yang bakal berlangsung di Balikpapan dan Samarinda langsung bersama Mas Imam Subhan, ketua Akademi Berbagi Foundation.
Ayo cek hari, waktu, dan tempat dilaksanakannya kelas ini gaes. Kalau di hari tersebut aktivitasnya luang, sung registrasi dan merapat ke pengurus Akber regional Balikpapan atau Samarinda 😁 #learn #akademiberbagi #samarinda #balikpapan

View on Path

Akhir pekan kali ini masih bingung mau ngapain? Belajar bareng @AkberSMR aja. Kumpulnya rame, belajarnya juga rame-rame 🙂
Catat topik, waktu dan tempat kelasnya akan berlangsung ya. – at Samarinda

View on Path

Ceritanya lagi ngejelasin ttg Akademi Berbagi [Samarinda] di #bookfair, diam-diam ternyata di rekam sama Iqra 🙂 #latepost – with Asmadi, Sulistya, Rizka, and Iqra at Perpustakaan Daerah

View on Path

Nilai Global dari Pancasila

Believe in God | Humanity | Nationalism | Democracy | Social justice.

Refleksi Panggilan Jiwa

PANCASILA

Pagi ini, ketika berselancar di dunia maya, saya menemukan sebuah video tentang perbandingan pidato Soekarno, Prabowo, dan Jokowi dalam bahasa Inggris. saya tidak tertarik membahas tentang dua nama terakhir, namun saya ingin sedikit mengupas apa yang Soekarno sampaikan di video tersebut. Saat itu, Soekarno sedang pidato di depan Kongres Amerika Serikat pada tahun 1956.

Cuplikan video tersebut memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa memahami Pancasila lebih mendalam. Soekarno, ‘mensederhanakan’ kalimat – kalimat di pancasila menjadi kata-kata yang lebih bisa di mengerti oleh warga dunia. Soekarno mengatakan Sila Pertama adalah ‘believe in God’, Sila kedua dengan ‘Humanity’ , sila ketiga dengan ‘Nationalism’, sila keempat dengan ‘democracry’ dan sila kelima dengan ‘social justice’.

Saya menjadi teringat, dalam forum – forum internasional yang pernah saya hadiri, rasanya nilai humanity, democracy, nationalism, dan social justice ini selalu di elu-elukan, di bangga-banggakan oleh banyak warga dunia. Tak ketinggalkan, anak muda dari berbagai negara juga tak…

Lihat pos aslinya 277 kata lagi

“Pak saya mau dong belajar lebih dalam tentang ini. Saya pengen siap buat PW.” Pernyataan itu terdengar oleh ku ketika mengakhiri kelas tadi siang. Tak pernah diduga deretan kata itu keluar dari siapa, di kelas yang banyak luputnya dari ekspektasi prestasi pula. Namun niat baik itu, mari dicoba bersama. 🙂

View on Path

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever