Instruksi Presiden

IMG-20170502-WA0041

KG dua huruf yang menjadi singkatan dari Keahlian Ganda sejak Pebuari lalu menjadi sesuatu yang tidak asing bagi saya. Semua bermula dari Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 yang berisikan tentang revitalisasi SMK. Instruksi yang melibatkan 11 lembaga atau kementerian, beberapa diantaranya; Kementerian Pendidikan, RISTEKDIKTI, Kementerian Perindustrian, BSNP, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Keuangan.

Salah satu wujud intruksi mengenai revitalisasi SMK tersebut adalah meningkatkan jumlah kompetensi bagi pendidik dan tenaga pendidikan di SMK, ditindaklanjuti dengan program Keahlian Ganda, dimana Guru SMA dan SMK di kelompok pelajaran normatif dan adaptif yang kurang jam mengajarnya, dapat mengajar di pelajaran produktif SMK dengan syarat dinyatakan lulus selama proses pembekalan.

Program ini yang telah mulai sejak Desember 2016 lalu, terus berlangsung hingga saat ini saya menulis blog ini. Program yang berlangsung lebih kurang selama setahun, dengan pola yang menarik menurut saya, kombinasi internet dan tatap muka langsung di kelas. Program yang saya ikut terlibat di dalamnya, khususnya pada paket keahlian multimedia. 

Ada banyak hal menarik yang terjadi. Namun, saya ingin berbagi pengalaman hari ini, yang kebetulan bertepatan dengan hari pendidikan nasional.

Multimedia berteman baik dengan elemen desain seperti teks, foto, animasi, footage, bahkan audio. Dari 10 modul yang dipelajari Ibu Bapak Guru peserta program Keahlian Ganda di paket multimedia ini, ada 1 modul yang membahas tentang perencanaan film pendek.

Sejalan dengan isi dari modul tersebut saya mengagendakan nobar menjadi salah satu cara untuk menyampaikan materi. Namun, meninjau berbagai kondisi, nobar ini tidak lagi menjadi treatment wajib dalam proses menyampaikan materi tersebut. Proses pembelajaran berlanjut modul demi modul, dan nobar kembali diwacanakan untuk merasakan secara langsung bagaimana output multimedia, ya tidak salahnya membantu mewujudkannya dengan mengantrikan tiket untuk Ibu dan Bapak Guru yang menjadi peserta tatap muka #1 program Keahlian Ganda ini.

Bioskop ramai tadi siang. Saat antrian pembelian tiket akhirnya sampai juga ke giliran saya, shock euy! Hampir setengah kursi yang tersedia di studio telah dibeli, dan akhirnya rencana untuk bebas mengatur tempat duduk, langsung tergantikan dengan memanfaatkan kursi yang tersedia, senyaman mungkin untuk Ibu dan Bapak Guru menonton, menyerap pesan yang disampaikan oleh salah satu film yang tayang pekan ini.

Setelah film berakhir dan karena agenda kelas hari ini diagendakan untuk nobar dari siang sampai sore, beberapa Ibu dan Bapak peserta program Keahlian Ganda membubarkan diri satu demi satu.

Ada 12+1 peserta kelas yang masih berkumpul dan tidak membuang kesempatan untuk mengabadikan momen setelah menonton, yang kemudian dilanjutkan dengan berkeliling sejenak di salah satu pusat keramaian, tempat jaringan bioskop ini membuka layanannya.

IMG-20170502-WA0048

Momentum apa yang melekat spesifik untuk saya sore ini?

Momen tersebut adalah diskusi singkat yang terjadi bersama Ibu dan Bapak Guru peserta program yang tersisa terasa berbeda, pertanyaan dan pernyataan yang terlontar mulai berpola multimedia. Setidaknya, program pemerintah ini mulai terasa dampaknya. Setidaknya pelatihan ini mulai bertransformasi menjadi pondasi, bekal bagi Ibu dan Bapak Guru peserta menuju tahapan selanjutnya, mengembangkan dasar kemampuan yang telah dipelajari untuk nantinya akan disampaikan pada peserta di keahlian multimedia.

Bekal untuk mencapai tujuan awal program ini, terpenuhinya kebutuhan Guru di SMK khususnya untuk pelajaran produktif multimedia, untuk pendidikan pemuda Indonesia, untuk masa depan negeri ini.

Iklan

Posted on 05/02/2017, in Opini. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: