Local Leaders Day #3

Saya mengenal Akademi Berbagi tidak instan. Ada proses yang cukup panjang bagi saya, hingga akhirnya saya mau melibatkan diri saya secara menyeluruh pada gerakan ini, dan tidak perlu saya pungkiri, saya pernah memutuskan untuk vakum dari gerakan ini karena beberapa alasan yang saat itu menjadi sebuah keputusan yang cukup membuat saya dilema.

Satu hal yang memikat saya adalah Akademi Berbagi lahir dengan semangat kerelawanan yang tinggi. Gerakan ini lahir untuk mengajak individu mau bergerak menciptakan kelas-kelas yang berkualitas tanpa biaya bagi semua orang yang mau belajar di dalamnya. Bagi semua orang yang mau duduk, berbagi sumber-sumber untuk dapat belajar bersama.

Gerakan ini pertama kali diinisiasi pada tahun 2010, dan kini tumbuh di beberapa kota membentang dari barat hingga timur Indonesia. Semangat gerakan ini terus menyebar, bahkan menggema hingga dunia.

Tumbuh dan berkembangnya gerakan ini di penjuru Indonesia, akhirnya menghadirkan proses, tahap demi tahap transformasi agar gerakan ini bisa terus ada. Salah satunya bentuknya dengan pertemuan besar dua tahunan untuk relawan pengurus di seluruh Indonesia, yang disebut dengan Local Leaders Day.

Local Leaders Day yang dilaksanakan pada 11 hingga 13 Maret yang lalu adalah pelaksanaan Local Leaders Day untuk kali ketiga, dan 3 hari rangkaian kegiatan tersebut, merupakan pengalaman pertama bagi saya untuk terlibat di dalamnya, juga pengalaman pertama saya untuk berkunjung ke Yogyakarta.

IMG-20160311-WA0008

Pemimpin

Setiap orang punya potensi untuk memimpin. Hal ini juga yang menjadi konsentrasi pengurus Akademi Berbagi nasional terhadap relawan gerakan ini yang tersebar di penjuru negeri. Relawan adalah penopang keberlangsungan gerakan ini untuk tumbuh dan berkembang, dan LLD merupakan privilege bagi relawan Akademi Berbagi untuk mendapatkan akses belajar dari orang-orang top di Indonesia.

Pada LLD #3 kali ini, pengurus Akademi Berbagi nasional seperti mengabulkan permintaan saya, dengan menghadirkan Pak Handry Satriago sebagai salah satu pembicaranya. Saya mengenal Beliau beberapa tahun silam dan sejak itu saya mengagumi sosok Beliau. Beliau adalah CEO perusahaan multinasional, General Electric. Namun, sebagai seorang CEO, Beliau mengajarkan saya untuk bersikap humble pada siapa saja, bahkan Beliau tidak hadir sendirian di LLD, ia mengajak salah satu partner kerja di kantornya Pak Rudi untuk berbagi dengan kami relawan Akademi Berbagi.

DSC_1780

Pak Handry Satriago membagikan cerita, pengalaman serta pandangannya terhadap kepemimpinan. Beliau mengajak kami, relawan Akademi Berbagi yang mengikuti LLD saat itu untuk mulai mempelajari memunculkan banyak ide. Hal ini didasari dengan dunia yang terus berubah, sehingga kita bisa sejalan dengan perubahan-perubahan tersebut.

Partner kerja Pak Handry di GE, Pak Rudi, juga mengajak kami untuk bermimpi setinggi mungkin. Kemudian mengambil tindakan nyata untuk mewujudkan mimpi tersebut. Tidak perlu takut jika kami tidak berhasil mewujudkan mimpi tersebut, karena sampai dimanapun posisinya, itu akan lebih baik dari pada kami hanya bermimpi cetek.

Kepemimpinan menjadi isu yang penting bagi Pak Handry. Bahkan menurut Beliau, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang meng-create banyak pemimpin baru. Beliau mengingatkan untuk mau beradaptasi dan melakukan perubahan, karena jika kita tidak mau bertindak demikian maka kita sendiri yang akan mengalami kesusahan untuk menjadi seorang pemimpin.

Dunia berubah begitu signifikan belakangan ini, bahkan krisis bisa melanda kita kapan saja. Ada dua tahapan sikap yang Pak Handry ajarkan kepada kami relawan Akademi Berbagi ketika menghadapi masa-masa krisis; tidak berbohong dan jangan pesimis. Dua sikap yang menjadi modal untuk kita bangkit dan berjuang melawan krisis.

Pada kesempatan yang lain Pak Handry menegaskan bahwa, ketika kita menjadi pemimpin harus ada kepercayaan diri yang dibarengi dengan humble. Ini penting untuk kita, karena dengan humble yang akan membuat kita menjadi pendegar.

Avatar

Pada hari kedua rangkaian Local Leaders Day. Saya tergabung dalam kelompok 11. Kelompok yang terdiri dari 10 anggota, berlatar kota yang berbeda. Kelompok yang bermarkas di pojok ruang auditoruium hostel. Kelompok yang nampak adem-ayem. Kelompok yang tidak pernah memenangkan tantangan demi tantangan selama workshop bahkan. Tapi kelompok ini yang menyimpulkan makna resilient dengan satu kata, avatar.

IMG-20160312-WA0025

Workshop LLD di hari kedua memang berfokus pada “Resilient Leaders”. Seluruh relawan dipecah ke dalam kelompok-kelompok kecil, kemudian diberikan beberapa tantangan yang harus diselesaikan. Tantangan tersebut tidak hanya dilakukan di dalam ruang auditorium hostel, tapi juga dilaksanakan di sekitar lingkungan hostel. Semua itu sengaja di setting oleh rekan-rekan dari Tiga Pijar. agar kami relawan Akademi Berbagi dapat menggali sendiri makna dari kata resilient.

Tugas pertama kami diminta untuk memecah kelompok menjadi lebih kecil lagi, yaitu berpasangan. Setelah itu kami diminta untuk berinteraksi dengan masyarakat di sekitar hostel dengan meminta mereka melakukan permintaan-permintaan yang mustahil akan dilakukan. Semua itu makin terasa berat, dengan 3 kode etik yang tidak boleh kami langgar; tidak melanggar hukum, tidak terjadi kontak fisik, dan tidak ada feedback yang kami janjikan.

Waktu pelaksanaan tugas tersebut pendek, hanya 15 menit. Menarik bagi saya untuk mencoba berinteraksi dengan warga sekitar hostel. Namun, lebih menarik lagi ketika saya mengetahui bahwa hasil tugas ini memuaskan, bahkan melebihi ekspektasi intrustur rekan-rekan dari Tiga Pijar.

Workshop di hari kedua makin “pecah” ketika kami tiap kelompok melaksanakan tugas terakhir. Kelompok 11 yang nampak begitu adem ayem, keluar wujud aslinya. Semua mengambil peran dan porsinya masing-masing. Walaupun lagi-lagi kelompok 11 tidak memenangkan tantangan, tapi kami merasa puas dengan kinerja yang terjadi. Inilah model kepemimpinan resilient yang kami maknai dengan avatar, dapat beradaptasi pada kondisi manapun.

Kabarkan

Salah satu pesan penting selama mengikuti Local Leaders Day #3, disampaikan oleh Bapak Arifin, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia. Beliau merupakan narasumber pertama pada pelaksanaan LLD ketiga, dan beliau menekankan kepada relawan Akademi Berbagi untuk mau menulis, tidak perlu dengan materi yang berat, tapi awali dengan materi-materi yang kita sukai.

DSC_1779

Selaku Pemred CNN Indonesia, Pak Arifin mengajak kami relawan Akademi Berbagi untuk mengabarkan dengan baik, kabar seputar Akademi Berbagi di tiap daerah, dengan mengabarkan bentuk gerakan ini kepada masyarakat melalui social media saja, besar kemungkinan kami mengajak makin banyak orang yang mau ikut andil berbagi; pengetahuan, pengalaman ataupun ruang.

Perjalanan

Mengikuti rangkaian keigatan Local Leaders Day #3 tidak hanya berisi pesan tentang rangkaian kegiatannya. Bagi saya, ada cukup banyak pesan tak tersurat yang dapat saya resapi. LLD3 menghadirkan pesan multi dimensi pada diri sendiri, gerakan ini, juga lingkungan sekitar kita.

Local Leaders Day menyajikan kepada saya keintiman, ikatan batin tiap relawan yang dalam terhadap semangat untuk ikut serta memajukan daerah. Empat hari di Jogja menjelaskan kepada saya; bertindaklah tanpa “embel-embel”, pertemanan dengan ketulusan itu masih ada, banyak orang baik di negeri ini yang mau bergerak bersama berbagi untuk generasi Indonesia yang lebih baik, seperti gerakan Akademi Berbagi yang akan terus berbenah, untuk mewadahi semangat kerelawanan pada proses belajar individu-individu yang terlibat di dalamnya.

pixlr

Terimakasih banyak untuk Yayasan Akademi Berbagi yang telah mengonsep materi-materi selama pelaksanaan LLD #3. Terimakasih untuk teman-teman Akber Jogja yang mau menjadi tuan rumah serta meluangkan waktunya mengurus persiapan dan pelaksanaan LLD #3. Terimakasih Mbak Ainun, Mas Imam, Pak Arifin, Pak Handry, Pak Rudi, Tim Tiga Pijar. dan seluruh rekan-rekan yang telah sukses memberikan pengalaman baru saya di LLD #3.

DSC_1791

IMG-20160313-WA0007

Berbagi bikin happy :).

Iklan

Posted on 03/16/2016, in Edukasi, LiFE, Reviews and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

%d blogger menyukai ini: