Kelas Inspirasi Balikpapan #2

17 Agustus yang lalu, semua warga Negara Indonesia merayakan hari kemerdekaan republik ini. Namun bagi saya pribadi, 17 Agustus yang lalu adalah hari udunan. Hari bagi saya untuk bergabung bersama teman-teman lainnya kembali ke bangku sekolah membagikan cerita, semangat, dan mimpi-mimpi yang tinggi kepada anak-anak.

Hari itu adalah hari dimana saya kembali antusias. Hari dimana saya akan kembali menelusuri aspal ke arah selatan Kalimantan Timur. Bermodal semangat, bermodal rasa antusias untuk bertemu anak-anak negeri yang memiliki potensi tanpa batas. Hari dimana saya bersiap untuk mengikuti sebuah gerakan yang dinamakan dengan Kelas Inspirasi.

18 Agustus yang lalu, gerakan Kelas Inspirasi pun kembali dilaksanakan di Balikpapan untuk kali kedua. Tahun ini, Kelas Inspirasi Balikpapan #2 dilaksanakan di 20 sekolah dasar. Sebagai salah satu pengurus gerakan serupa di Samarinda, saya dapat membayangkan bagaimana persiapan tim dan fasilitator gerakan ini harus menyiapkan seluruh prosesnya.

Pada pelaksanaan Kelas Inspirasi Balikpapan #2 ini saya ditempatkan bertugas sebagai dokumentator di SD Negeri 012 Balikpapan Utara. Sekitar 14 kilometer dari titik 0 kota Balikpapan.

Seperti biasanya, mengabadikan pelaksanaan Hari Inspirasi itu adalah tugas utama dari seorang dokumentator. Namun kemarin, tugas utama tersebut diselingi dengan tugas selingan yang cukup “menyenangkan”, seperti membantu fasilitator dalam mengingatkan jadwal dan ikut tumpah ruah di dalam kelas mengajak anak-anak untuk mau kooperatif dengan inspirator yang sedang membagikan pengalaman.

Seperti biasanya pula, baru setengah hari perjalanan Hari Inspirasi saat itu, rasa haus dan capek telah terasa dengan begitu maksimalnya. Namun, pertemuan saya dengan teman-teman inspirator lainnya yang begitu antusias membagikan pengalaman profesi mereka sambil bermain bersama anak-anak menjadi pemicu semangat saya untuk tidak mau kalah.

Selain itu saya pun bertemu dengan Redani, salah satu siswa dari SD Negeri 012 Balikpapan Utara menepiskan rasa capek saya melalui kepolosannya dalam menyampaikan cita-citanya. Ia ingin menjadi menjadi sopir, dan bagaimana ia menyampaikan cita-cita tersebut ibarat penawar lelah lainnya bagi saya, karena ekspresinya menunjukkan keyakinan bahwa jalanan adalah salah satu jalannya menuju kesuksesan. Semoga kepolosan itu berbuah keberhasilan Redani ketika ia telah dewasa kelak, aamiiin.

Bagaimana keseruan pelaksanaan Kelas Inspirasi Balikpapan #2 kelompok SD Negeri 012 Balikpapan Utara, silakan di tonton melalui tautan video youtube di bawah ini 😀

Posted on 09/08/2014, in Edukasi, LiFE, Opini, Reviews. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

