Bazaar Buku

 
Bazaar Buku 2

Saya yakin banyak yang tahu siapa Dewi Lestari juga Alvin Adam. Mereka berdua bisa dikategorikan orang-orang tenar di negeri ini yang berkecimpung di lingkup seni baik industri media (hiburan) juga sastra di Indonesia.

Rabu, 4 Juni yang lalu. Mereka berdua menjadi bintang tamu di Bazaar Buku yang diselenggarakan di Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur. Saya pun menjadi salah audiens yang datang siang itu, ikut menjadi bagian yang siap belajar dari cerita ataupun pengalaman yang dibagikan oleh Mbak Dewi Lestari juga Bang Alvin Adam.

Walau cuaca Samarinda sedang tak menentu, sebentar terik tiba-tiba hujan. Kadang rintik, tiba-tiba deras. Peserta talk show cukup ramai. Beragam usia, (karena Bapak saya pun ikut menyimak value yang disampaikan oleh mereka siang itu) dan beragam gaya. Namun, yang paling menarik adalah semangat dari audien yang tak patah semangat ketika hujan turun tanpa aba-aba.

Mereka yang yang tadinya lesehan di depan panggung, seketika berlarian mencari tempat untuk berteduh dan kembali menyimak value yang dibagikan oleh Mbak Dee juga Bang Alvin. Begitu hujan reda suasana di depan panggung pun kembali ramai oleh audiens yang ingin berada dekat dengan mereka.

Semangat saya pun tak mau kalah, dengan handphone yang terpaksa harus diisi ulang dayanya melalui powerbank. Saya mencatat poin-poin menarik dari talkshow tersebut, untuk saya baca ulang juga untuk saya bagikan lagi agar poin-poin menarik tersebut tak saya konsumsi sendiri. Sebenarnya poin-poin itu sudah saya tuliskan ulang di situs microblogging Twitter. Namun, saya bagikan lagi melalui blog ini, agar lebih mudah dibacanya. Berikut poin-poin yang saya catat:

  1. “Kenapa begini? Kenapa begitu? | Dengan kita banyak tanya, justru kita menjadi kaya.” – @alvinadam#bookfair
  2. “Dengan mendengarkan saja, kemudian bisa muncul 1001 pertanyaan yang lain.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  3. “Saya suka nulis, tapi saya ngerasa kegemaran itu gak bisa disalurkan di pelajaran Bahasa Indonesia, di zaman saya.” – @deelestari#bookfair
  4. “Saya dapat tugas mengarang, tapi kenapa tiap paragraf pun sudah dikondisikan. Gak berkembang jadinya kan?” – @deelestari#bookfair
  5. “Kelas 5 SD saya membuat novel-novelan pertama sama”. << Keren ya Mbak @deelestari 🙂 #bookfair | @perpuskaltim_ok
  6. “Kita gk boleh lupa dgn sudut pandang perasaan dlam pelajaran menulis di mapel Bahasa Indonesia.” – @deelestari#bookfair | @perpuskaltim_ok
  7. “Buat saya menulis itu, menceritakan ulang.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  8. “Bakat dan kerja keras itu sama pentingnya dalam menulis.” – @deelestari#bookfair | @perpuskaltim_ok
  9. Bagi @deelestari menulis itu adalah gatal yang tak kunjung usai. #bookfair | @perpuskaltim_ok
  10. “Kalau suka bercerita dan mau dituliskan, rekam deh apa yang diceritakan, dari situ kita bisa mulai menulis.” @deelestari#bookfair
  11. Mbak @deelestari berhati-hati sekali kalau mau bc buku fiksi, itu dilakukan agr gk terpengaruh dgn karya itu pda karyanya sendiri. #bookfair
  12. “Nulis itu berlatihnya seperti nyekop, gali terus sampai kita nemu permata. Kalau berhenti nemunya ya tanah aja.” – @deelestari#bookfair
  13. “Bakat itu udah ada saat kita nongol di dunia.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  14. “Proses kita saat ada sesuatu yang kita ingin menekuninya, itu minaaaat.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  15. Bang @alvinadam kalau lagi bosen malah nulis. #bookfair << semoga kita kalau llagi bosen juga ngelakuin sesuatu yg manfaat ya 🙂
  16. Kita gimana ya? > “Orang yang bosan adalah orang yang gak tahu apa yang dia inginkan dalam hidup.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  17. Mbak @deelestari pernah baca kalau penulis adlh profesi yang rentang sakit jiwa, tapi semua tergantung konstruksi batin masing2x #bookfair
  18. “Bagi saya, sukses itu bonus kok!” – @alvinadam#fookbair | @perpuskaltim_ok
  19. “Do your best aja, konsisten, niat baik, si sukses ntar nunggu di ujung.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  20. “Memulai sesuatu dengan beban, itu bener gak enak lho.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  21. “Ingat lagi, setiap hal itu pasti ada dua sisinya, satu suka, satu lagi gak. Nah kita terus berkarya saja.” – @deelestari#bookfair
  22. “Jalan pasti menuju ketidakbahagiaan, adalah saat kita ingin memuaskan semua orang.” – @deelestari#bookfair | @perpuskaltim_ok
  23. “Pada akhirnya pujian dan kritikan itu nilainya sama saja.” – @deelestari#bookfair | @perpuskaltim_ok
  24. “Hidup adalah ibadah. Ngobrol, nulis, siaran. Semua ibadah.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  25. “Jangan meng’kotak’kan diri kita, dengan niat baik kita bisa bikin sesuatu.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  26. “Don’t push yourself too hard. Hidup kita singkat, nah buat itu menyenangkan.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  27. “Kita hidup itu pnh dgn eksplorasi. Cobalah bnyak hal, sampai kita tahu kita bener2x mau kemana dan jadi apa.” – @alvinadam & @deelestari
  28. “Kalau kita punya value, kita dilihatnya itu enak banget kan.” – @alvinadam#bookfair | @perpuskaltim_ok
  29. Semoga bermanfaat ya kawan, khususnya bagi saya sendiri. #bookfair Berbagi [emang] bikin happy ya 🙂 nyelipin #Akber deh jadinya 😀 *kabur

Setelah saya baca ulang, poin-poin di atas dapat saya simpulkan tidak hanya membahas tentang menulis, tapi juga kita untuk menjadi manusia yang berkualitas. Seperti tweet terakhir saya di atas. Semoga catatan value-value yang saya dapatkan selama mengikuti talkshow tersebut bermanfaat untuk saya sendiri tentunya, juga teman-teman yang lain.

Posted on 06/07/2014, in Edukasi, LiFE, Opini, Reviews. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

