Positioning

Video yang disertakan memanglah video yang dibuat oleh mereka untuk mengkomunikasikan posisi ataupun citra terhadap maskapai yang dulunya sempat mengecap maskapai dengan segala kekurangan yang kini telah bermetamorfosis menjadi maskapai kebanggan negara kita, Indonesia.

Coba kita perhatikan dengan seksama, kita tonton bersama video TVC tersebut dengan rasa. Saya pribadi menangkap pesan arti penting penempatan posisi dalam bisnis penerbangan yang mereka geluti. Simaklah deretan kalimat pertama yang terdengar di dalam video tersebut, “Pernahkah Anda membayangkan, kesempurnaan dalam sebuah perjalanan?”. Deretan kalimat tersebut, bagi saya jelas menjelaskan diferensasi yang dilakukan oleh maskapai tersebut sebagai maskapai penerbangan dengan full services airline.

Sebaiknya kita mencoba berkaca dari mereka. Mereka lahir dari olahan anak bangsa yang sempat terpuruk dulunya. Mereka pun berproses, mulai bangkit menjadi maskapai kebanggaan Indonesia dengan sederet prestasi yang diakui dunia juga diolah oleh anak bangsa pula. Transformasi itu berproses tidak semudah membalikkan telapak tangan kita.

Hal ini pun seharusnya terjadi dalam dunia pendidikan kita. Para petinggi, pemegang kepentingan, bahkan kita semua yang peduli, seharusnya memperhatikan di mana posisi pendidikan di negeri ini sekarang. Memposisikan pendidikan negeri dengan jelas sesuai kondisi demografi Indonesia, yang terdiri dari sekian banyak pulau, suku, dan kondisi alam.

Kita semestinya belajar dari transformasi maskapai kebanggaan kita. Dunia pendidikan pun butuh proses, butuh pembelajaran yang tak berhenti untuk terus meningkatkan kualitasnya bagi generasi penerus kita, bahkan dunia. Tak pantas menurut saya jika sistem dirubah seketika tanpa pondasi yang kuat, yang tidak mencekram nilai-nilai hidup dan berkehidupan, karena luasnya wilayah kita ada banyak diferensiasi budaya dan sumber daya yang berbeda tiap wilayahnya.

Tak perlulah kita berkecambuk dengan hasil stakeholder pendidikan di ibu kota sana. Ada banyak alternatif yang bisa kita lakukan di sini untuk menciptakan generasi maju dengan nilai-nilai hidup terdepan, karena sejatinya pendidikan selalu mengakar dari keluarga kita sendiri. Semoga kita semua pun mampu menghadirkan transformasi yang nyata seperti mereka, maskapai penerbangan kebanggaan kita yang menetapkan posisinya, berproses bangkit dan berjaya bahkan diapresiasi oleh dunia.

Iklan

Posted on 04/07/2013, in Edukasi, Opini. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: