Irama Keseimbangan Hidup

Berbagi bikin hepi. Ini tagline yang sengaja dibuat oleh komunitas Akademi Berbagi. Bagi saya tagline ini benar, bahkan ia telah merasuk ke dalam tubuh, menjelma semangat baru untuk menyisihkan waktu berkumpul, mengasah ide, menambah pengetahuan, dan tentunya menambah relasi kawan-kawan baru.

Saya memang dengan sadar telah menggabungkan diri menjadi volunteer di keluarga Akademi Berbagi, tepatnya untuk regional action Samarinda. Benar memang, volunteer tak digaji, tak pula berlimpah materi, tapi saya merasakan letupan-letupan semangat ketika saya bisa mengkontribusikan diri saya untuk berbagi kepada orang lain, dan itu salah satu bentuk rasa puas yang saya rasakan hingga saat ini.

Bisa bertemu, satu diskusi dengan banyak orang yang beragam latar belakang pun menjadi value lain yang dirasakan. Menarik! Termasuk ketika Akademi Berbagi Samarinda bisa mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Om Farhan yang memiliki akun Twitter pribadi @farhandeltafm.

Image

Kesempatan pun tidak akan dibuang. Persiapan tim dimulai. Messenger menjadi alat komunikasi yang vital untuk membicarakan semua persiapan. Mulai dari diskusi pemilihan serta peminjaman tempat, pilihan waktu, bentuk kenang-kenangan untuk Om Farhan (Karena Om Farhan meluangkan waktunya tanpa bayaran dari kami) dan tentunya pematangan konsep.

Memang sudah menjadi ketetapan Sang Pencipta nampaknya. Cobaan datang! Kesehatan saya drop dan cuaca lagi-lagi tak bersahabat ketika matahari baru saja mulai menampakkan wujudnya. Suasana pagi yang hangat hilang oleh suasana pagi yang dingin dan basah. Hujan kembali mengguyur Samarinda.

Namun ini harusnya bukan menjadi penghambat. Kelas pagi itu bersama Om Farhan harus tetaplah dilaksanakan. Sembari menunggu Ade yang menjemput, membantu memindahkan posisi saya di rumah ke Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman, di mana kelas Akademi Berbagi Samarinda pagi itu dilkasanakan. Messenger akan terus punya andil untuk mengkomunikasikan semua persiapan.

Walau hujan sempat mengguyur dan membasahi kota Samarinda. Pagi itu ruangan kelas nampak ramai. Karena lokasi di institusi pendidikan, tak ada hanya anak muda yang hilir mudik sebelum kelas di mulai, tapi juga Bapak Ibu Dosen yang juga antusias menunggu kedatangan Om Farhan.

Kelas pun di mulai sekitar pukul 08.15 wita. Ruangan yang tersedia nampak penuh. Beberapa kali harus dilakukan penambahan kursi agar peserta tidak berdiri. Suasana ruangan yang semula riuh rendah sekita hening ketika Om Farhan mulai membuka topik yang membahas Communicating Mind – Heart – Soul.

Om Farhan punya kekhasan dalam menyampaikan beragam fakta yang terjadi di luar sana. Beliau tak hanya melibatkan otak melainkan juga hati untuk mengajak peserta menemukan solusi dengan irama keseimbangan hidup. Tak dapat dipungkiri Beliau adalah seorang public figure yang tak hanya berkata tapi juga bereaksi nyata.

Kelas pun riuh dengan pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari peserta dan jawaban yang Om Farhan berikan. Sementara saya pun riuh dengan kondisi kesehatan yg tidak bersahabat juga gadget pinjaman untuk bisa menyebar apa yang terjadi di ruangan agar bisa dinikmati oleh teman-teman Akberians lain yang tidak bisa ikut menghadiri kelas pagi itu, dan tanpa terasa waktu pun harus menyudahi semua.

Ketahuan Om Farhan mengenai Akademi Berbagi menjadi titik awal kemauan Beliau di tengah waktunya yang pendek di Samarinda untuk mau berbagi dengan Akademi Berbagi Samarinda. Menurut saya ini adalah anugerah. Karena melalui sosok Om Farhan saya diajarkan sekali lagi tentang humble dan berdaya, ketika memberdayakan sesama.

Image

Image

Iklan

Posted on 03/21/2013, in Edukasi, LiFE. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: