Berawal dari sebuah tantangan

Ada sederet kata yang akhirnya menjadi beberapa kalimat, kemudian terangkai menjadi sebuah paragraf di dalam sebuah buku yang pernah saya baca, isinya begini.

… Misalnya bercita-cita pingin bikin sekolah. Mungkin “sekolah ideal” yang ada di pikiran masih 20 tahun lagi, tapi bisa dimulai dengan “sekolah kecil”, menjadi relawan mengajar di berbagai program adik asuh atau mulai peduli dengan isu-isu pendidikan. Intinya, kalau bisa sekarang, kenapa harus nunggu nanti? Toh, kamu juga sekalian belajar, mempersiapkan diri untuk “rencana besar” kamu yang 20 tahun lagi itu …

Sederet kalimat di atas, bagai sebuah kompas yang membantu menunjukkan pada saya, apa yang saya cita-citakan dulu, menjadi mimpi-mimpi yang mengikrar kini. Deretan kalimat di atas menjadi titik terang menuntun saya untuk bertindak, bergerak, melakukan hal-hal kecil untuk sesuatu yang besar di masa depan.

Tak sekedar deretan kalimat di atas. Pertemuan saya dengan seseorang di sebuah institusi pendidikan di Ibukota Jakarta dua tahun silam pun, menghadiahkan pesan. Pesan yang dalam untuk mau memberadakan diri di banyak orang, memberdayakan diri sendiri dan teman-teman untuk maju bersama menciptakan generasi muda yang tak hanya menuntut namun berkiprah dalam berbagai bidang.

Sabtu, 24 Nopember yang lalu. Bersama teman-teman dari Akademi Berbagi regional Samarinda. Saya merasakan sensasi semacam pressure, ada rasa khawatir kalau kelas dengan tema “Jurnalistik 101” yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Samarinda kemungkinan akan gagal dilaksanakan, karena cuaca seketika berubah. Langit yang semula biru segar tiba-tiba menjadi abu-abu kelam yang menghadiahkan hujan, ya hujan yang begitu lebat, yang harus menghentikan Pengajar kami serta beberapa teman-teman di perjalanan menuju lokasi belajar.

Intensitas hujan tak menentu, ketika lebat akan menjadi sangat lebat, ketika lengang, ia hanya menyisakan rintik. Syukurlah satu demi satu relawan, peserta kelas, dan akhirnya Pengajar kami pun datang. Akhirnya kelas pun dilaksanakan walaupun setengah jam lebih lambat dari jadwal yang telah ditentukan.

Peserta kelas kali ini cukup banyak, dan saya pribadi salut kepada Ade-Ade dari SMP Budi Bakti yang ikut menjadi peserta di dampingi oleh seorang Guru yang ternyata adalah seorang Pengajar Muda angkatan pertama. Akhirnya Kepsek Akademi Berbagi regional Samarinda pun membuka kelas, langsung diteruskan dengan Pembicara kami menyampaikan materinya tentang jurnalistik.

Beragam pertanyaan silih berganti dikumandangkan oleh peserta kelas. Bertukar pendapat pun terjadi. Suasananya santai tapi materinya tersalurkan. Ya tanpa terasa waktu telah menunjukkan lebih dari pukul 5 sore. Kelas pun diakhiri dengan riuh tepuk tangan dan ritual kami, foto bersama pembicara, peserta, dan relawan Akademi Berbagi regional Samarinda.

Berawal dari sebuah tantangan, didukung dengan sederet kutipan kalimat di dalam buku yang saya baca di atas. Keyakinan untuk segera bertindak, meniti hal-hal kecil untuk sebuah impian besar masa depan, memang gak akan tiba-tiba terwujud, ia akan melalui proses, dan kini saya memulainya untuk bersama teman-teman yang menjadi volunteer, menggerakkan dan memberdayakan diri sendiri juga masyarakat sekitar, karena belajar tak hanya di bangku sekolah dan kuliah, karena belajar bisa di mana saja oleh siapa saja.

Iklan

Posted on 11/26/2012, in Edukasi, LiFE. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: