Project [to] Work

Muda-mudi usia remaja yang mulai dewasa di bangku Sekolah Menengah Kejuruan tingkat akhir akan bergelut dengan sederet aktifitas yang panjang. Sederet aktifitas yang telah diset oleh stakeholder pendidikan di Ibukota sana. Sederet aktifitas yang bermanfaat bagi mereka untuk memantau sejauh mana bekal pengetahuan yang mereka pelajari selama tiga tahun terakhir.

Beberapa SMK tertentu bahkan melakukan selebrasi yang apik, dimana sederet aktifitas ini menjadi ajang ujuk kemampuan diri bagi siswa-siswi. Ya, siswa-siswi akan memamerkan kompetensi-nya di hadapan pelaku industri bahkan dihadapan orang tua sendiri. Sederet hari yang bisa dimanfaatkan untuk makin mengeratkan komunikasi peserta didik dan Ibu Bapak mereka sendiri.

Sederet aktifitas ini ada yang menamakan tugas akhir, ada juga pekan uji kompetensi, dan yang paling banyak dikenal dengan project work. Sederet aktifitas yang (memaksa) mu – peserta didik tingkat akhir – untuk memilih project dan mengeksekusinya agar bisa dikalkulasi angka-angka yang bisa mencerminkan your competence during learn in Vocational High School.

Melalui sederet tahapan yang harus dilalui oleh mu, muda-mudi tingkat akhir di SMK. Apakah harus melaluinya pressure tinggi dan bisa mengubah hidup secara abnormal selama beberapa bulan? Saya pikir tidak. Sama seperti mu, yg sekarang berada di tingkat akhir SMK, saya pernah melaluinya juga. Nah, biar comfort melaluinya, berikut ini saran-saran saya untuk melalui project work yang berhubungan dengan komunikasi kreatif:

  1. Jangan takut ketika mendengar project pertama kali didendangkan di kelas. Ubah mindset. Ubah project work menjadi project [to] work. Ya pilihan project untuk mu bertindak serta berpikir kreatif secara sehat untuk menyelesaikannya.
  2. Before you start, let’s evaluate your competence. Ya cermati dulu, mana saja pelajaran yang disukai, mana saja pelajaran yang dipahami secara lebih.
  3. Fokus! Tinggalkan dulu sejenak koleksi game yang terinstal di dalam gadget yang dimiliki. Tidak perlu di-uninstal karena bisa dimanfaat untuk meredam lelah, tapi jangan sampai kebablasan.
  4. Sering-seringlah melirik televisi, bukan untuk menikmati drama, komedi, ataupun serial drama Korea yang membumi, tapi berambisilah untuk mencari sebanyak mungkin segala referensi dari stasiun televisi lokal ataupun internasional. Youtube pun menyajikan banyak referensi selama kita jeli.
  5. Prepare your self ready to be multi task. Karena prosesnya panjang. Sebaiknya jangan mengerjakan hanya 1 kegiatan. Ketika satu proses sedang stagnant, ajak dirimu untuk mengalihkan pekerjaan. Apalagi dapur produksi di-proses editing bisa dilakukan non-linear kan, bisa bebas mau yang mana dulu.
  6. Think out of the box! Hal-hal sederhana bisa nampak luar biasa kalau dirimu, muda-mudi tingkat akhir SMK bisa menemukan kunci dalam masalah yang diangkat, disampaikan untuk audience.
  7. Manfaatkan waktu bimbingan sebaik mungkin. Ajak pembimbing untuk banyak share sehingga kendala yang dihadapi bisa diantisipasi sedini mungkin, dan #pw lancar terkendali.
  8. Mintalah selalu do’a restu dari orang tua. Proses lancar, hati terasa tentramkan.

Tunjukkan pada mereka (orang tua) kalian bisa, punya potensi untuk berada di dunia komunikasi kreatif. Siapa tahu selesai project work dapat restu untuk melanjutkan kuliah dengan konsentrasi yang makin membuka gerbang mu menjadi muda-mudi sukses yang mengangkat industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Negara kita. Aamiiin. Semoga bermanfaat.

Iklan

Posted on 09/08/2012, in Edukasi. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Abul Hasan Asy'ari

    ka ind boleh reblog gak 😀
    asik nih tulisan.a, walopun udah ngelewatin pw hehe..

  2. Abul Hasan Asy'ari

    Reblogged this on Arie5's Blog and commented:
    Bagus banget buat di baca oleh ade-ade tingkatku yang maih ada di smk7, good luck ya ;;) ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: