Ramadan bersama mereka

Tak ada hal yang lebih indah dari kumandang adzan maghrib ketika bulan Ramadan sedang menghiasi kalender keseharian kita. Ya semua orang tampak bahagia ketika mendengarnya. Tak banyak pula yang antusias menunggu kumandang tersebut terdengar di telinga, mulai dari dzikir, mengaji ataupun berkelana ala kaum urban, ngabuburit.

Namun bagi saya, Ramadan adalah salah satu bulan yang menghadirkan banyak sekali waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Ketika waktu buka puasa tiba juga ketika shalat sunnah teraweh pun dilakukan secara bersama. Ramadan pun menghadirkan hangatnya dini hari, riuhnya dapur oleh sarapan bersama yang dipindahkan jamnya sekitar pukul empat pagi (walau di sini hanya dilakoni oleh 3 penghuni rumah ini).

Keluarga sendiri memang menjadi prioritas untuk menjalani kegiatan-kegiatan prime time kala Ramadan tiba. Namun, tak bisa dipungkiri. Ramadan pun menghadirkan sebuah kerinduan untuk berkumpul menikmati indahnya berbuka puasa bersama mereka, orang-orang yang pernah mengisi hari-hari dekat sekali.

Sekian dari banyak agenda. Ramadan tahun ini pun jadi pelepas rindu ku bersama pemuda-pemudi yang dipertemukan sejak tahun 2008 silam. Pemuda-pemudi yang memiliki intensitas bertemu lebih banyak dibandingkan dengan saudara-saudari sepupuku lima tahun silam melalui sebuah kelas bernama Multimedia Terpadu.

Minggu, 22 Juli lalu massa-massa persiapan pelepasan rasa kangen itu pun digojlok bersama beberapa dari mereka. Tak ada perencanaan yang matang. Tak ada susunan acara yang disiapkan secara matang. Hanya memilih di mana kami akan menghabiskan waktu setelah shalat maghrib dan membatalkan puasa bersama muslim-muslimah lain di Islamic Center yang kami tentukan.

Akhirnya, 27 Juli lalu kami semua berkumpul dan bergabung dengan muslim-muslimah yang lain di Islamic Center, membatalkan puasa dan menunaikan shalat maghrib bersama di sana. Setelah itu kami menuju ke sebuah tempat untuk menikmati berkumpulnya kami setelah dua tahun lalu dipisahkan dengan kata kelulusan.

Ramadan tahun ini pun berhasil mengumpulkan 24 dari 30 sekian kami. Menghadirkan kembali tawa dan canda ku bersama mereka. Membagi beragam cerita ku juga mereka setelah dipisahkan oleh sebuah kata, kelulusan. Ya, Ramadan tahun ini melepaskan kerinduan ku berkumpul kembali bersama mereka. Walau tak lama waktu kami bersua. Namun silaturahmi dalam naungan Teras Multimedia pun kembali dirajut untuk bertahan selamanya.

Tak hanya bersama Teras Multimedia. Ramadan tahun ini pun mengajak ku berkumpul lagi bersama Ade-Ade di Se’Mut, Akademi Berbagi Samarinda, juga mereka yang telah menjelma seperti saudara-saudari kandungku dalam keseharian kami menjalani waktu yang terus berganti detik demi detiknya.

Ramadan tahun ini masih tersisa hari-harinya. Semoga masih ada momen-momen bersama untuk menikmati prime time-nya. Semoga amal dan ibadah pun diterima oleh Allah SWT. Semoga hasil latihan di Ramadan tahun ini pun menghasilkan karakter diri yang makin matang di 11 bulan yang akan datang, dan semoga usia pun masih ada untuk bertemu dengan Ramadan di tahun-tahun yang akan datang. Aamiin.

Iklan

Posted on 08/05/2012, in LiFE. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: