Desain, mereka belajar tanpa imbalan angka

Masa libur sekolah semester ganjil kali ini memang sudah berakhir kemarin. Hari ini, Senin, 09 Januari 2012 merupakan awal baru, semester baru, dimana proses belajar-mengajar di sekolah kembali dimulai, dengan beragam tantangan misterius siap menghadang  untuk dituntaskan.

Masa libur kali ini pun saya lalui berbeda dari masa libur biasanya. Tak ada perencanaan untuk mengembangkan materi, teknik, sumber, dan tujuan belajar bersama Ade-Ade di salah satu SMK. Tak ada hari-hari spesial dimana saya bisa menikmati hari-hari renggang untuk setidaknya bermalas-malasan duduk santai memandang deretan kata.

Fokus masa libur sekolah semester ganjil kemarin memang berbeda, haluan telah dibelokkan sementara. Semua untuk menuntaskan salah satu bagian dari dunia creative design yang dikerjakan bersama mereka, Ade-Ade yang karakter dan potensinya bisa untuk menyelesaikan salah satu bagian dari sebuah dunia, creative design.

Masa liburan, dimana seharusnya ada yang bersantai menyegarkan pikiran, dimana seharusnya ada yang mempersiapkan bekal proses belajar-mengajar di semester yang akan datang. Kami lalui bersama dengan presure yang sama dengan harapan apa yang kami kerjakan benar akan menjadi sebuah masterpiece bagi mereka Ade-Ade yang belajar disebuah SMK dengan kompetensi keahlian multimedia.

Bak pekerja industri kreatif di bawah naungan perusahaan yang telah memiliki sistem yang terstandar, mereka beserta saya pun memulainya. Basecamp-pun telah ditentukan sebelumnya, dua tempat, salah satu kediaman anggota juga sekolah dimana saya dan mereka bernaung di bawah atap yang sama untuk belajar bersama. Berkumpul di pagi hari dan kembali ke kediaman orang tua masing-masing sore harinya.

Detik demi detik, hari demi hari pun dilalui dengan antrian data, untuk di-filter isinya, dan kemudian diramu di balik kreatifitas Ade-Ade yang berada di meja desain, kemudian akhirnya berpindah pada saya untuk dikoreksi sebatas “kulit” saja dan akan keluar sebuah alat pencetak kertas.

Setiap hari dilalui sepertinya sama. Namun, “keajaiban” itu muncul berbeda tiap harinya tanpa disadari disaat yang sama. Karakter mereka yang berada di masa transisi remaja menuju dewasa menghadirkan beragam fakta, beragam pemikiran yang mampu menjadi masukan saya, juga beragam reaksi diri untuk meminimalisir gagalnya target yang telah ditentukan sebelumnya.

Social movement  and social environment adalah kunci, hari demi hari yang mereka jalani selama masa libur kemarin. Partnership and Relationship pun makin mengakar selama sepekan menghabiskan masa-masa liburan dibalik meja desain, keributan saat memasak menu makan siang, juga pesan dari film yang ditonton sebagai selingan.

Belajar memang bisa dilalui dimanapun tempatnya, dan desain membuat mereka belajar tanpa imbalan angka. Namun, telah menjadi salah satu pengalaman modal mereka menghadapi tantangan yang jauh lebih tinggi tujuan serta tekanannya. Alhamdulliah saya pun terlibat untuk merasakannya bersama mereka, semoga saya sekali lagi belajar untuk lebih berdedikasi, belajara bersama dan saling berbagi.

Iklan

Posted on 01/09/2012, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: