Proses edukasi

Beberapa hari lalu sebuah artikel yang dipublikasikan oleh seorang pemain biola terkenal Indonesia, sontak memancing perhatian ku. Ceritanya tak lucu, bahkan sederet kata-kata “berat” beradu menjadi satu kesatuan yang utuh, seolah menjelma menjadi sebotol minuman dingin dari dehidrasi raga ku akan sepotong impian (semu).

“Dengan belajar kita menjadi powerful, menjadi mahluk yang berkuasa dalam bertindak”. Kata-kata berbicara teramat dalam pada ku. Sebuah deretan kata yang membuat ku memandanginya berulang-ulang berusaha menyimak sebuah pesan, sebuah cerita yang dulu benar adanya, cerita masa-masa sekolah dengan strategi manajemen, “keuangan”, juga tujuan yang ku temui sendiri ataupun bersama kawan-kawan yang telah menjalani cerita mereka sendiri di permukaan bumi yang lain.

Proses belajar yang kadang membuat segelintir orang berpikir dua kali untuk memahami, menindaklanjuti, dan menetapkan tujuan melalui sebuah perhatian akademisi dan sanjungan hasil yang biasa tertulis di bagian akhir laporan yang terwujud oleh goresan pena atau hasil cetak di atas kertas. Sementara.., seorang wanita seniman itu kembali menuliskan sederet kata yang lagi-lagi membuat ku membacanya terbata-bata.., “Belajar bukanlah hanya untuk sebuah pencapaian akademis, tetapi, belajar hendaknya membuat kita menjadi manusia yang bijak”.

Manusia yang jadi lebih bijak seharusnya diri kita ketika satu lagi memahami pesan yang didapat dari sebuah proses belajar. Manusia yang lebih peduli, manusia yang saling menghargai, dan lebih banyak berbagi dalam tunduknya hati. Entah bagaimana nanti, ketika dunia kerja kita mulai diawali dan ditekuni, apakah dengan jabatan klasik yang kebanyakan diidamkan orang tua atau tidak sama sekali.

Manajemen, komunikasi, digital design, visual communication design, advertising, kedokteran, dan banyak lagi pilihan yang terbentang. Bidang-bidang pengetahuan yang semuanya mampu membuat kita semua menjadi makhluk yang bertindak entah sebagai profesi atau karena keikhlasan hati untuk saling berbagi. Namun, di kota ini tak semua pilihan hadir tuk dijelajahi, sebuah tanda belum ratanya penyebaran pengetahuan dan minat penduduknya yang memang tak seperti kota besar lainnya.

Setidaknya pilihan-pilihan itu mampu menciptakan sebuah pola pikir dan tindakan yang tidak banyak bercabang karena bekal kemampuan diri khusus yang telah menjadi bekal entah memang karena pengetahuan atau dari pengalaman-pengalaman yang mampu bermetamorfosis menjadi kebiasaan pikir dan tindakan, dan hal itu yang secara diam-diam menjadi salah satu teman setia untuk terus menatap ke depan.

Walau kini ku sendiri seolah berjalan.., mengerjakan segala proses edukasi dengan teknologi yang tak lagi sesuai tuk saat ini, harus selalu berkomunikasi dengan kondisi tubuh yang harus dimengerti. Walau lamban, bahkan sangat lamban. Studi strata-1 pun belum terselesaikan. Betapa kutipan-kutipan artikel di atas sangat pantas untuk disimpan dalam ingatan, karena dimanapun, kapanpun, proses edukasi secara sadar atau tidak selalu ditemukan yang seharusnya membuat ku (khususnya) dan kita semua tentunya tuk menjadi manusia-manusia yang betindak dalam kebijakan untuk sekitar dan hari ke-2 kala kita semua dihidupkan kembali.

Terima kasih kepada mbak Mayla Fayza atas kutipan artikelnya.

Iklan

Posted on 11/12/2010, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: