Edukasi formal Indonesia dengan segudang standar yang . . ?

Adakalanya sebuah mekanisme edukasi terasa sangat begitu pekat, sangat melelahkan secara otak. Baik dari sisi tenaga edukasi ataupun peserta edukasi. Namun, jika dilihat dari rentetan kata-kata yang terjalin melalui helaian-helaian kertas putih. Hasil akhir ataupun target hasil belajar secara formil terbaca begitu tinggi, padahal semua itu belum tentu pernah diresapi oleh peserta didik.

Tak dapat dipungkiri, proses edukasi tak dapat berjalan lancar, semua berjalan perlahan merangkak dari bawah, kadang suara harus hilang, kadang teriakan terbuang percuma bersama angin yang membahana, dan terkadang hati pun harus berbicara ketika proses edukasi tak berjalan sesuai dengan harapan tenaga edukasi, ataupun sebaliknya, kemampuan tenaga edukasi tak mampu menterjemahkan proses edukasi yang diinginkan oleh peserta didik.

Secara geografis, memang harus diakui. Indonesia bukanlah negara yang kecil. Melainkan negara yang tersebar dengan beribu pulau, dengan keragaman fasilitas, dengan tingkatan kecerdasan peserta edukasi yang berbeda, juga dengan tingkatan kemampuan tenaga edukasi yang nanti menjadi sumber dan fasilitator proses edukasi mengurai arti.

Sementara edukasi Indonesia terpusat pada sistem sentralisasi dengan standar yang telah ditentukan sebelum nya, oleh orang-orang yang lebih relevan, orang-orang yang memiliki kompetensi handal dan pantas dalam pengembangan konsep edukasi nasional.

Walau kadang selalu ada kontroversi. Namun, semua itu bertujuan baik, tujuan mulia agar edukasi Indonesia dapat berkembang, terus maju berpadu bersama waktu agar Indonesia bukan lagi negara tertinggal, bukan lagi negara dengan level universitas yang rendah, melainkan negara yang akan memfasilitasi ide-ide cemerlang dari peserta edukasi Indonesia yang nantinya membawa perubahan bagi dunia pula.

Akhirnya.., semua proses edukasi bermuara pada tenaga edukasi, orang-orang yang hari demi hari bersama peserta edukasi menggali sebuah arti edukasi, berdampingan dengan potensi-potensi daerah masing-masing agar edukasi tak lagi terkekang oleh halangan-halangan edukasi agar semua impian bukan lagi khayalan Pejuang-Pejuang Inspirasi Edukasi Indonesia.

Iklan

Posted on 02/07/2009, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: