Roket Meluncur Lagi dari Gaza_from cetak.kompas.com

Senin, 2 Februari 2009 | 00:36 WIB

Jerusalem, Minggu – Dua roket kembali ditembakkan dari arah wilayah Jalur Gaza ke Israel selatan, Minggu (1/2). Pihak Israel mengaku satu roket mendarat di dekat bangunan sekolah taman kanak-kanak. Namun, tidak dilaporkan ada kerusakan ataupun korban jiwa.

Kelompok pejuang dengan nama Brigade Martir Al Aqsa disebutkan mengaku bertanggung jawab atas serangan dua roket di Israel selatan itu. Tembakan dua roket itu membuktikan rapuhnya ”gencatan senjata tidak resmi dan secara sepihak”, 18 Januari lalu. Tembakan roket sporadis masih terjadi dan Israel membalas roket itu dengan serangan udara.

Berbicara di hadapan kabinetnya, Minggu pagi, Perdana Menteri Israel Ehud Olmert menandaskan, tembakan roket dari Gaza kini ”mencapai tahapan” di mana Israel harus membalas. ”Jangan sampai teroris tahu strategi kita, rencana lokasi serangan kita, dan kepastian waktu serangan. Yang jelas, kita harus membalas,” kata Olmert tegas.

Lagi pula, kata Olmert, pihaknya telah mengingatkan akan segera membalas apabila ada roket yang ditembakkan lagi dari Gaza. ”Kami tidak akan kembali menggunakan aturan permainan yang lama. Ada aturan baru yang akan menjamin kita tidak lagi terlibat perang yang tak jelas yang mengganggu kehidupan di Israel selatan,” kata Olmert.

Hal senada dikatakan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak. Hamas, katanya, sudah diberi balasan yang setimpal. Jika perlu, Israel tak akan sungkan-sungkan kembali memberikan pelajaran.

Menteri Infrastruktur Israel Benjamin Ben-Eliezer menegaskan, kelompok pejuang Gaza ”harus membayar setiap roket yang ditembakkan”.

Ketegangan di Gaza meningkat kembali 10 hari setelah gencatan senjata ”tidak resmi dan sepihak”, yakni ketika tentara Israel tewas akibat ledakan bom di pinggir jalan di perbatasan Gaza.

Sandiwara pemilihan

Hamas segera mengecam ancaman Olmert itu. ”Pernyataan Israel itu hanya alasan yang dibuat-buat agar bisa meningkatkan serangan ke arah Palestina, menghancurkan upaya perdamaian Mesir, dan menekan rakyat Palestina agar bersedia menerima segala syarat dari Israel dalam perundingan perdamaian itu,” papar juru bicara Hamas, Taher al-Nunu.

Bahkan, Nunu yakin ancaman Olmert itu bagian dari kampanye ”sandiwara” dari Israel sebelum pemilihan parlemen pada 10 Februari nanti. Ia minta semua kelompok pejuang di Palestina menghormati keputusan nasional terkait situasi di Gaza.

Tembakan roket dari Gaza itu terjadi satu pekan sebelum Israel menggelar pemilihan parlemen. Serangan ke Gaza diyakini dapat memengaruhi hasil pemilihan di Israel. Jika Israel terlihat tak berhasil menangani krisis Gaza, dukungan rakyat kepada Menlu Israel Tzipi Livni akan menurun.

Livni yang telah menggantikan Olmert sebagai pemimpin Partai Kadima adalah satu-satunya calon terkuat untuk menghadapi pemimpin garis keras Benjamin Netanyahu dari Partai Likud. Selama ini kampanye Netanyahu mengajak rakyat Israel bersikap keras menghadapi Hamas. Jika Pemerintah Israel tidak berhasil meraih tujuannya dalam serangan ke Gaza, Netanyahulah yang akan mengambil keuntungan memperoleh dukungan rakyat Israel dalam pemilihan.

Pada jajak pendapat pekan ini, Netanyahu diperkirakan meraih lima kursi parlemen lebih banyak daripada Livni. Netanyahu tegas menyatakan, Hamas harus segera digulingkan karena diyakini tak bersedia menyetujui kesepakatan perbatasan. Berbagai pihak yakin Netanyahu akan menang karena tegas atas Hamas. Sebab, ada warga Israel yang memandang perang Gaza sebagai pelajaran dari Israel kepada rakyat Palestina.

Mantan pemimpin perencanaan strategis militer Israel, Shlomo Brom, menegaskan, Israel lebih unggul karena Hamas kian lemah. (REUTERS/AFP/AP/LUK)

Iklan

Posted on 02/02/2009, in Reviews. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bayufwiranda

motto: jawablah setiap pertanyaan dengan cepat, singkat, dan tanpa mikir

NetTrain Informatika

It's All About Learning

Discover

A daily selection of the best content published on WordPress, collected for you by humans who love to read.

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Jarakada

Never been jara enough

Akademi Berbagi Bekasi

Berbagi Bikin Happy

nurhasanahdwilestaridotcom

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Yogi Yaspranika

ayo sukses berjamaah

%d blogger menyukai ini: